Kembar Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Suzuki Ertiga GX dan Sport


Sebagai varian tertinggi dari Suzuki Ertiga, All New Ertiga Sport merupakan versi pembaharuan dari All New Ertiga GX. Jika dilihat dari dapur pacunya, kedua varian mobil tersebut masih menggunakan jenis mesin K15B yang sama, dengan kapasitas 1.462 cc dengan daya maksimum 103 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.000 rm.

Lalu apa saja perbedaan yang mencolok dari kedua mobil ini ?

Tampilan Eksterior

Namun perbedaan mencolok yang membuat All New Ertiga Sport tampak lebih tampan dan dan keren dari All New Ertiga GX adalah tampilan eksteriornya yang jauh lebih sporty. Secara keseluruhan, tercatat ada sembilan perubahan yang membedakan kedua varian tersebut, yaitu desain grille yang lebih mewah dengan aksen krom, add on lampu DRL di bingkai fog lamp untuk siang hari, empat sisi front dan under spoiler dengan tampilan yang sporty, kamera belakang, serta penambahan emblem Suzuki Sport.

Interior

Namun ubahan All New Ertiga Sport tidak hanya berfokus pada bagian eksteriornya saja. Jika mengintip pada bagian interiornya, terdapat pembaharuan lain yang tak kalah menarik. Tidak seperti All New Ertiga GX yang bagian dalamnya lebih didominasi dengan warna beige, All New Ertiga Sport menampilkan aura yang lebih mewah dengan dashboard, jok, dan pengatur AC berwarna hitam. Selain jadi lebih gagah, warna hitam ini juga cukup memberi keuntungan karena interior mobil jadi tidak mudah kotor.

Fitur Interior

Untuk fitur interiornya sendiri, tidak ada pembaharuan di All New Ertiga Sport. Beberapa fitur yang masih sama dengan All New Ertiga GX adalah AC yang memiliki sistem auto climate control, defroster kaca depan serta defogger kaca belakang, cup holder yang dapat menjaga agar minuman tetap dingin dengan ventilasi dari AC, dan head unit layar sentuh yang dapat memainkan media dari berbagai sumber seperti USB, Bluetooth, dan lain sebagainya.

Keamanan

Kendati demikian, ada ekstra fitur keamanan yang disematkan pada All New Ertiga Sport bertransmisi otomatis, yang menjadi inti pembeda dengan model lain. Yang pertama adalah fitur Electronic Stability Program (ESP), yang berperan penting terhadap keselamatan dengan meminimalisir berbagai risiko selip seperti oversteer atau understeer. Yang kedua adalah fitur Hill Hold Control (HHC), yang berfungsi untuk menahan posisi mobil saat berada di tanjakan, sehingga membuat mobil tidak akan merosot turun ketika injakan kaki perpindah dari rem ke pedal gas. Kedua fitur ESP dan HHC tersebut juga melingkupi fitur keselamatan standar seperti dual SRS airbag dan ABS+EBD.

Harga

Itu dia perbedaan antara Suzuki All New Ertiga Sport dan All New Ertiga GX. Untuk harganya sendiri, All New Ertiga GX transmisi manual dibanderol dengan harga Rp 238.500.000,00 dan transmisi otomatis dengan harga 249.000.000,00. Model ini memiliki tujuh varian warna yaitu Brave Kakhi, Metallic Magma Gray, Metallic Silky Silver, Pearl Burgundy Red, Pearl Radiant Red, Pearl Snow White, dan Prime Cool Black. Sementara All New Ertiga Sport transmisi manual dibanderol dengan harga Rp 250.000.000,00 dan transmisi otomatis Rp 260.000.500,00. Untuk varian warnanya sendiri tersedia Metallic Magma Gray, Pearl Snow White, dan Prime Cool Black.